Ciri dan Gejala Awal Kanker Buah Zakar

Ciri dan gejala awal kanker buah zakar – Buah zakar atau dikenal juga dengan testis merupakan organ seks pria yang memiliki peranan penting dalam sistem reproduksi pria, yakni menghasilkan hormon testosteron dan sperma.

Kedua hormon ini memiliki peran vital dalam hal perkembangan dan fungsi seksual pria.

Tak jarang, organ penting pada pria ini sering mengalami masalah, entah itu karena gaya hidup yang tak sehat atau karena memang adanya suatu gangguan penyakit seperti yang paling umum terjadi adalah kanker buah zakar atau testis.

Ciri dan Gejala Awal Kanker Buah Zakar

Jika organ penting ini terjadi masalah otomatis akan membuat fungsi dari organ tersebut kacau dan tidak akan berfungsi dengan baik sebagaimana biasanya.

Jika Anda saat ini sering mengeluhkan pertumbuhan aneh pada buah zakar dan muncul rasa sakit dibagian tersebut, sebaiknya waspadai hal tersebut. Karena apa? Hal-hal itu bisa merupakan beberapa ciri atau tanda bahwa Anda mengalami pertumbuhan sel abnormal di buah zakar / kanker buah zakar.

Ciri dan Gejala Awal Kanker Buah Zakar (Testis)

Sama seperti kanker jenis lainnya, kanker testis pun bisa dikenali dengan gejala atau tanda-tanda berikut:

  • Muncul benjolan atau pembengkakan di salah satu atau kedu testis yang biasanya disertai rasa nyeri.
  • Terjadi penimbunan cairan dalam skrotum
  • Merasa mudah lelah
  • Rasa sakit yang tajam dan rasa pegal pada bagian testis atau skrotum.
  • Nyeri pada bagian perut bawah atau pangkal paha.

Meskipun tak semua benjolan dan pembengkakan pada testis atau buah zakar belum tentu menjadi pertanda kanker, kemunculan gejala tersebut harus tetap diwaspadai dan baiknya segera ditangani.

Karena jika tidak segera ditangani, kanker buah zakar bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya (metastasis) seperti pada kelenjar getah bening, perut, dan paru-paru. Apabila kondisi ini terjadi, akan muncul gejala-gejala lanjutan, yakni berupa:

  • Benjolan atau pembengkakan di bagian leher
  • Batuk yang berlangsung lama disertai dengan darah
  • Pembengkakan atau pembesaran dada pria
  • Sesak napas dan sakit punggung bagian bawah
  • Sakit kepala atau rasa pusing karena serangan sel kanker pada otak
  • Nyeri pada perut karena kanker telah menyebar ke hati atau pembesaran kelenjar getah bening
  • Nyeri punggung bagian bawah

Cara mendeteksi kanker buah zakar secara langsung

Sebagai pemeriksaan awal sebelum memeriksakan resmi ke dokter, Anda juga dapat mengetahui apakah organ testi Anda bermasalah atau tidak di rumah yakni dengan beberapa metode ini.

Ciri dan Gejala Awal Kanker Buah Zakar»  Memeriksa dengan tangan. Tujuan pemeriksaan dengan jari tangan akan memudahkan Anda menemukan benjolan atau tidak di buah zakar.

Periksa hingga ke bagian bawah karena terkadang mata pun lolos dalam menangkap adanya benjolan.

Pada umumnya, kanker testis dapat terdeteksi dengan adanya benjolan sebesar kacang yang jika ditekan tidak terasa sakit, namun terkadang juga menimbulkan sakit.

»  Memeriksa didepan cermin. Berdiri di depan cermin dengan mengangkat salah satu kaki agar mata Anda lebih jelas dalam menangkap skrotum.

Periksalah apa ada benjolan atau pembengkakan di bagian kulit skrotumnya, karena terkadang adanya benjolan pun tak selalu disertai rasa nyeri.

»  Memeriksa setelah mandi air hangat. Apabila Anda berencana untuk memeriksa skrotum, pastikan Anda memeriksanya tepat setelah selesai mandi air hangat.

Kondisi skrotum akan lebih santai sehabi mandi air hangat, sehingga Anda akan dengan mudah menemukan adanya ketidakberesan atau tidak pada buah zakar Anda. Pemeriksaan ini hendaknya dilakukan sebulan sekali secara teratur.

»  Memeriksa kedua testis. Pemeriksaan selanjutnya adalah dengan memastikan kedua testis dengan jeli. Jika salah satunya agak lebih besar masih dianggap sebagai kondisi normal, dan wajar.

Demikian sedikit penjelasan mengenai ciri dan gejala awal kanker buah zakar yang telah admin rangkum dari beberapa sumber artikel kesehatan terpercaya. Semoga bermanfaat dan semakin meningkatkan kewaspadaan Anda terhadap penyakit yang satu ini.

Posted by : Ciri dan Gejala Awal Kanker Buah Zakar on Obat tradisional kanker prostat

Mungkin terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *