Penyebab Pembengkakan Pada Satu Atau Kedua Buah Zakar

Penyebab pembengkakan pada satu atau kedua buah zakar – Testis atau buah zakar merupakan organ reproduksi pria yang memiliki fungsi penting, karena berperan atas produksi sel seperma yang diperlukan untuk membuahi sel telur wanita.

Jadi sangatlah wajar jika Anda para pria merasa sangat khawatir ketika mengalami hal aneh yang terjadi pada testis.

Dan salah satu masalah yang sering terjadi dan dialami adalah pembengkakan buah zakar atau testis.

Penyebab Pembengkakan Pada Satu Atau Kedua Buah Zakar

Jika saat ini Anda mengalami pembengkakan testis disertai mengerasnya buah zakar, maka sudah sepatutnya Anda mewaspadainya dan segera berkonsultasi ke dokter.

Terlebih jika buah zakar yang membengkak tersebut diikuti dengan gejala seperti rasa nyeri, sulit buang air kecil dan sakit pinggang.

Semakin cepat penanganan dilakukan tenu akan lebih baik, karena pada beberapa kasus buah zakar yang membengkak dapat berdampak serius dan bahkan menyebabkan komplikasi.

Baca : Cara mengobati pembengkakan kelenjar prostat secara alami

Lantas, apa yang menjadi penyebab terjadinya pembengkakan pada satu atau kedua buah zakat?

Inilah Beberapa Kondisi atau Penyebab Terjadinya Pembengkakan pada Buah Zakar dan atau Kantung Buah Zakar

Epididimitis / orchitis / epididimorchitis

Merupakan radang atau infeksi pada buah zakat dan epididimis (bagian saluran sperma yang melekat dengan buah zakar) akan menyebabkan bengkok, kemerahan.

Hernia

Merupakan kondisi di mana melemahnya lapisan otot dinding perut, sehingga usus turun ke kantung testis atau bagian samping penis, dan menyebabkan testis atau buah zakar terlihat lebih besar.

Benjolan ini umumnya muncul ketika duduk atau beraktivitas, terutama saat mengangkat benda-benda berat. Tetapi ketika posisi Anda terlentang kondisi tersebut akan kembali normal dan masuk kembali ke perut.

Meskipun tidak nyeri, tetapi jika sampai terjadi jepitan pada segmen usus yang turun dapat menyebabkan nyeri hebat.

Hidrokel

Hidrokel atau penimbunan cairan pada skrotum memungkinkan terjadinya mass skrotum. Pada kondisi normal, skrotum hanya menampung sedikit cairan sehingga akan terjadi pembengkakan jika ada terlalu banyak cairan yang menumpuk.

Varikokel

Yakni sebuah kondisi yang terjadi ketika pembuluh darah balik (vena) mengalami pembesaran, sehingga darah akan terkumpul dan tidak mengalir ke jantung.

Akan tetapi, seperti tonjolan-tonjolan urat di samping ata kantung testis, sebagaimana varises pada kaki.

Jika ini yang menjadi penyebab pembengkakan buah zakar biasanya Anda akan merasakan nyeri pada selangkangan dan salah satu testis (biasanya kiri) terlihat membesar.

Torsio Testis

Yakni ketika testis mengalami puntiran sehingga menyebabkan alirah darah ke buah zakar terhenti. Gejala dari torsio testis termasuk nyeri parah secara tiba-tiba, bengkak dan pembesaran pada testis yang terpuntir.

Torsio testis merupakan kondisi darurat, penanganannya pun seringkali membutuhkan operasi.

Jika penyakit ini tidak segera ditangani dengan cepat, harapan mendapatkan kesembuhan dari penyakit torsio testis sangat kecil.

Trauma atau Cedera

Ceder atau trauma pada testis akibat mengalami kecelakaan seperti terbentur juga dapat menyebabkan buah zakar membengkak.

Saraf-saraf pada testis terjepit

Kanker Testis atau Kanker Buah Zakar

Pada kasus yang lebih serius, pembengkakan testis atau buah zakar merupakan gejala dari kanker testis, menski sangat jarang terjadi dan hanya sekitar satu persen saja dari kasus kanker pada pria.

Selain pembengkanan testis, kanker testis juga memiliki gejala utama lain, seperti benjolan di testis, nyeri tumpul dan testis terasa berat.

Baca juga : Ciri dan Gejala awal kanker buah zakar

Jika saat ini Anda mengalamu keluhan pada buah zakar seperti terjadinya pembengkakan yang disertai rasa sakit, baiknya segera kunjungi dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut dan memastikan apa penyebabnya, karena penanganan akan berbeda-beda tergantung dari apa penyebabnya.

Sumber : hellosehat.com/ , http://www.alodokter.com/

Demikian informasi mengenai penyebab pembengkakan pada satu atau kedua buah zakar yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat dan tidak lagi menyepelekan kondisi tersebut.

Posted by : Penyebab Pembengkakan Pada Satu Atau Kedua Buah Zakar on Obat kanker prostat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *